“sesungguhnya orang yang beriman ialah barang siapa yang
memberikan keselamatan dan perlindungan terhadap harta dan jiwa manusia” (HR.
Ibnu Majah)
Salah satu bentuk dari rasa
syukur kepada Tuhan adalah dengan merawat dan melindungi apa saja yang
dititipkan Tuhan kepada kita. Kesehatan, harta benda, ilmu pengetahuan bahkan
keluarga. Ketahuilah bahwa tidak ada satu pun pemberian Tuhan bersifat sia-sia.
Jadi, tak ada alasan bagi kita untuk tidak mensyukuri atas semua anugerahNya.
Merawat dan melindungi dapat kita
lakukan setiap saat. Untuk mendapatkan sehat kita bisa menerapkan gaya hidup
sehat dengan cara berolahraga, mengkonsumsi makanan bergizi hingga menghindari
rokok, minuman keras apalagi narkoba. Berkaitan dengan harta benda kita bisa
merawatnya dengan perawatan rutin sehari-hari, misalnya dengan melakukan servis
mobil secara berkala, menjaga kebersihan rumah dan selalu waspada dengan
keamanannya. Begitu juga dengan ilmu pengetahuan dan keluarga. Tak ada kata
berhenti untuk belajar dan mencintai keluarga kita dengan senantiasa memberikan
perhatian dan kasih sayang.
Mudah bukan ?
Jika kita selalu berpikir “ideal”
maka yang terbayang akan selalu hal-hal indah dengan segala kemudahannya.
Seolah-olah hidup ini akan terus bersifat positif, manusia akan selalu berada
dalam keberuntungan dan kebahagiaan, tak ada lagi yang namanya duka atau
musibah. Padahal, Tuhan menciptakan semuanya memiliki dua sisi berbanding
terbalik dengan sangat sempurna. Ada positif ada negatif, ada beruntung ada
buntung, ada bahagia ada sedih, ada suka juga ada duka dan ada kabar gembira
juga ada kabar musibah.
Mengapa ?
Secara harfiah, manusia diberi
akal dan fikiran yang paling sempurna dari makhluk Tuhan lainnya. Oleh karena
itu manusia sejatinya harus kuat, mampu dan siap dalam menerima segala
ketentuan Tuhan. Sebab ketentuan Tuhan kepada umatNya tidak lain adalah yang
terbaik dan mau tidak mau suka tidak suka manusia harus menerima dan
menghadapinya dengan ikhlas dan tetap pada prinsip bersyukur.
Namun kenyataannya…
Banyak diantara kita yang belum
mempersiapkan diri untuk hal-hal “negatif" yang kerap datang tanpa kita
sangka-sangka. Seringkali kita tidak pernah memikirkan akan segala kemungkinan
yang akan menghadang di masa depan. Kebanyakan masyarakat kita masih memiliki
pola pikir bahwa “kita jalani saja apa yang ada sekarang, masa depan kita
fikirkan nanti”
Padahal….
Masa lalu adalah menjadi
pengalaman dan pembelajaran…masa kini menjadi fase yang harus dihadapi…dan masa
depan adalah fase yang harus disiapkan dan direncanakan dengan matang dan
sebaik mungkin. Perencanaan dan persiapan ini sangat penting agar kita punya
pondasi untuk menghadapi masa depan sehingga dalam menjalaninya kita memiliki
kesiapan sehingga dalam menghadapinya kita bisa jauh lebih tenang dibanding
jika kita tidak memiliki perencanaan dan persiapan sebelumnya.
Nah…!
Salah satu upaya dari perencanaan
dan persiapan untuk masa depan wujudnya adalah dengan ASURANSI. Saya yakin
banyak diantara kita yang sering mendengar istilah Asuransi, namun tidak banyak
yang mengetahui secara detil apa yang dimaksud dengan asuransi, apa manfaat
mengikuti asuransi, serta bagaimana memilih asuransi yang terbaik dan tepat
untuk perencanaan dan persiapan masa depan kita…seperti kata pepatah “tak kenal
maka tak sayang” jadi yuk sekarang kita sharing tentang Asuransi supaya
pengetahuan kita bertambah dan punya pemikiran yang positif terhadap keberadaan
Asuransi dalam kehidupan kita.
Apa itu ASURANSI ?
sumber |
Asuransi adalah perjanjian antara
dua pihak atau lebih, dimana pihak penanggung mengikatkan diri kepada
tertanggung, dengan menerima premi asuransi, untuk memberikan penggantian
kepada tertanggung karena kerugian, kerusakan atau kehilangan keuntungan yang
diharapkan atau tanggungjawab hukum pihak ketiga yang mungkin akan diderita
tertanggung, yang timbul dari suatu peristiwa yang tidak pasti, atau memberikan
suatu pembayaran yang didasarkan atas meninggalnya atau hidupnya seseorang yang
dipertanggungkan. Badan yang menyalurkan risiko disebut “tertanggung” dan badan
yang menerima risiko disebut
“penanggung”. Perjanjian antara kedua badan ini disebut kebijakan : ini adalah
sebuah kontrak legal yang menjelaskan setiap istilah dan kondisi yang dilindungi. Biaya yang
dibayar oleh “tertanggung” kepada “penanggung” untuk risiko yang ditanggung
disebut “premi”. Ini biasanya ditentukan oleh “penanggung” untuk dana yang bisa
diklaim di masa depan, biaya administratif dan keuntungan (UU No. 2 Tahun 1992)
Asuransi atau pertanggungan
adalah suatu perjanjian dengan mana seorang penanggung mengikatkan diri kepada
seorang tertanggung dengan menerima suatu premi, untuk memberikan penggantian
kepadanya karena suatu kerugian, kerusakan atau kehilangan keuntungan yang
diharapkan, yang mungkin akan dideritanya karena suatu peristiwa yang tak tertentu
(UU Hukum Dagang)
Jadi fungsi utama asuransi adalah
sebagai mekanisme pengalihan/ transfer risiko, yaitu mengalihkan risiko dari
satu pihak “tertanggung” kepada pihak lain yaitu “penanggung”. Pengalihan
risiko ini tidak berarti menghilangkan kemungkinan misfortune, melainkan pihak “penanggung” menyediakan fasilitas
pengamanan keuangan atau financial
security serta ketenangan atau peace
of mind bagi “tertanggung”. Sebagai imbalannya, maka “tertanggung” wajib
membayarkan premi dalam jumlah yang relatif lebih kecil dibandingkan dengan
potensi kerugian yang mungkin akan dialaminya.
Sedangkan syarat-syarat
perjanjian asuransi serta hak dan kewajiban kedua belah pihak (tertanggung dan
penanggung) semuanya tertuang dalam sebuah polis asuransi. Karena itulah polis
asuransi ini wajib untuk disosialisasikan secara detil dan dipahami secara
benar terutama pada pihak yang tertanggung, agar di kemudian hari tidak terjadi
kesalahpahaman sehingga seharusnya menuai manfaat tapi justru merugikan.
Lalu apa manfaat mengikuti
ASURANSI ?
sumber |
Yang jelas sangat banyak manfaat
mengikuti asuransi, namun ada beberapa manfaat utama yang dapat menjadi bahan
pertimbangan bagi kita untuk pada akhirnya memilih untuk berasuransi, yaitu :
1. Membantu
dalam perencanaan dan persiapan masa depan
Dengan asuransi
kita bisa merencanakan masa depan dengan lebih matang. Misalnya menyiapkan masa
depan pendidikan anak atau menyiapkan diri dalam menghadapi masa pension
terutama dalam hal kesediaan keuangan.
2. Membantu
dalam pengelolaan financial
Asuransi juga
membantu kita dalam pengelolaan financial dengan menyisihkan beberapa dana dari
penghasilan kita untuk kesiapan ketersediaan dana di masa yang akan datang.
3. Membantu
mendisiplinkan diri untuk menabung
Dengan rutinitas
membayar premi, secara otomatis kita “dipaksa” untuk disiplin dan mandiri untuk
menyimpan sebagian dana penghasilan kita. Ingatlah, bahwa konsep manajemen
keuangan yang terbaik adalah mendahulukan menabung sebelum menggunakan
penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidup lainnya.
4. Memberikan
ketenangan dalam menghadapi segala kemungkinan keadaan
Kesiapan serta
perencanaan yang matang dan tepat tentu saja akan memberikan dampak ketenangan
bagi kita dalam menghadapi segala situasi dan kondisi yang mungkin terjadi.
5. Memberikan
proteksi atau perlindungan bagi kita
Dengan asuransi
keamanan dan kenyamanan kita dalam beraktifitas ataupun dalam perjalanan tentu
akan lebih terjaga. Kekhawatiran terhadap hal-hal buruk yang mungkin akan
terjadi akan jauh berkurang dibandingkan jika kita tidak berasuransi.
6. Memberi
keuntungan dan manfaat bukan hanya untuk diri sendiri tapi juga keluarga
Asuransi bukan
hanya memberi manfaat untuk diri sendiri tapi juga untuk anggota keluarga
lainnya. Salah satu contoh adalah asuransi jiwa, dimana ketika kita sebagai
tertanggung meninggal dunia maka asuransi dapat diklaim oleh pihak keluarga
yang menjadi ahli warisnya.
Lantas bagaimana memilih Asuransi
yang tepat dan terbaik ?
Kebimbangan dan bingung saat
harus memilih asuransi merupakan hal yang wajar. Apalagi saat ini begitu banyak
produk asuransi yang ditawarkan ke masyarakat. Dengan iming-iming keuntungan
dan nominal klaim yang besar tentu saja menggiurkan bagi masyarakat awam. Namun
jangan tertipu ! kesalahan dalam memilih asuransi akan dapat berakibat kerugian
dan kekecewaan.
Saat ini banyak sekali produk
asuransi yang beredar di masyarakat. Penawaran-penawaran yang menjanjikan
keuntungan besar kerap menuai kerugian dan kekecewaan bagi nasabah sebab pada
akhirnya proses klaim yang seharusnya menjadi hak nasabah (tertanggung)
dipersulit bahkan ada beberapa kasus yang proses klaim-nya ditolak sehingga
jelas menimbulkan kerugian. Banyak faktor yang menyebabkan hal itu terjadi
seperti pengetahuan berasuransi yang minim, tergiur dengan janji-janji oknum
asuransi, minimnya akses kemudahan bagi nasabah untuk berasuransi (hal ini
terkait dengan kecanggihan/ modernitas teknologi yang digunakan oleh pihak
asuransi) atau disebabkan karena kurangnya sosialisasi polis asuransi, dimana
didalamnya terdapat penjelasan detil mengenai hak dan kewajiban kedua belah
pihak sehingga terjadi kesalahpahaman.
TIPS memilih Asuransi
Nah, pasti nggak mau kan
mengalami ketidaknyamanan, kerugian ataupun kekecewaan dalam mengikuti program
asuransi ? kalau saya pribadi, ada beberapa tips untuk memilih asuransi yang
tepat, yaitu :
1. Pilih
asuransi yang sudah jelas keberadaannya dan brand
famous
Tidak bisa
dipungkiri bahwa pertama kali kita mengenal suatu produk adalah dari nama atau
brand-nya. Brand yang kurang famous
atau kurang terkenal tentu akan membawa keragu-raguan bagi kita. Dari brand
yang sudah terkenal maka kita akan punya keinginan untuk masuk lebih mendalam
termasuk dalam mengetahui visi dan misinya.
2. Pilih
asuransi yang praktis dan modern
Di era yang serba
canggih dan digital saat ini, tentu kemudahan dalam mengakses segala sesuatu
menjadi prioritas. Asuransi yang mampu memberikan akses kemudahan, praktis dan
modern pada akhirnya menjadi choice
recommended karena tidak memberikan pelayanan yang bertele-tele kepada
nasabah.
3. Pilih
asuransi yang punya sense of care terhadap nasabah ataupun calon nasabah
Ya ! seringkali
kita mendapati bahwa petugas asuransi begitu peduli dan perhatian saat hendak
menjaring nasabah, namun ketika telah berhasil nasabah kerap merasa diabaikan
dan tidak diperhatikan lagi. Sering nasabah merasa bingung harus kemana
mengupdate informasi terkait dengan keikutsertaannya dalam asuransi tersebut.
4. Pilih
asuransi yang memiliki variasi produk yang sesuai dengan kemampuan kita
Asuransi yang
memiliki banyak variasi produk tentu saja akan lebih menarik. Kita akan diberi
keleluasaan dalam memilih produk asuransi yang tepat dan sesuai dengan
kemampuan kita.
5. Pilih
asuransi yang amanah
Asuransi yang
amanah adalah mutlak adanya. Oleh karena itu ada baiknya sebelum memutuskan
ikut asuransi apapun, kita mencari tahu informasi tentang asuransi tersebut
sebanyak-banyaknya, terutama mengenai track
record dari asuransi tersebut.
ASURANSI ALLIANZ
Pernah mendengar nama Asuransi
Allianz kan ? Pasti dong ! sebab asuransi Allianz ini memang merupakan salah
satu asuransi yang sudah besar dan terkenal, jadi tidak perlu lagi diragukan
tentang capability-nya.
Allianz group bersama dengan
nasabah dan mitra penjualan, merupakan salah satu komunitas keuangan terkuat.
Lebih dari 83 juta nasabah pribadi dan korporasi mengandalkan pengetahuan,
jangkauan global, kekuatan modal dan kesolidan Allianz untuk membantu mereka
memanfaatkan peluang keuangan serta untuk menghindari dan menjaga diri terhadap
risiko.
Di semester pertama tahun 2014,
dengan dukungan 148,000 karyawan di lebih dari 70 negara, Allianz berhasil
meraih pendapatan 63,4 miliar Euro dan laba operasional 5,51 miliar Euro, serta
pendapatan bersih bagi para pemegang saham mencapai 1,755 juta Euro.
Kesuksesan bisnis di bidang
asuransi, manajemen asset dan layanan bantuan didasarkan permintaan nasabah
atas solusi keuangan yang tahan krisis untuk masyarakat yang menua dan
tantangan dari perubahan iklim. Transparansi dan integritas merupakan komponen
kunci dari tata kelola yang berkelanjutan di Allianz.
Allianz sendiri memulai bisnisnya
di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan pada tahun 1981 dan pada tahun
1989 Allianz mendirikan PT. Asuransi Allianz Utama Indonesia sebagai perusahaan
asuransi umum. Kemudian pada tahun 1996 Allianz mengembangkan bisnis asuransi
jiwa, kesehatan dan dana pension dengan mendirikan PT. Asuransi Allianz Life
Indonesia.
Kini, Allianz didukung lebih dari
1,200 karyawan dan lebih dari 17,000 tenaga penjualan di 93 kantor pemasaran di
46 kota dengan melayani lebih dari 4 juta tertanggung di Indonesia dengan
pencapaian kinerja yang positif terutama dari segi pelayanan dan pendapatan.
Kenapa harus ALLIANZ ?
sumber |
Selain karena memang sudah
merupakan perusahaan asuransi professional, namun ada beberapa hal yang wajib
untuk diketahui tentang Allianz agar kita semakin yakin bahwa Allianz memang
pilihan yang tepat untuk berasuransi.
1. Allianz
adalah perusahaan asuransi dengan brand famous category
Sudah dituliskan
diatas tentang Allianz dan kesuksesan bisnisnya baik taraf internasional maupun
di Indonesia sehingga tak perlu diragukan lagi mengenai profesionalitas
Allianz.
2. Allianz
merupakan asuransi yang modern
Kenapa saya
bilang modern ? sebab Allianz punya akses kemudahan bagi siapa saja, baik
nasabah maupun calon nasabah. Didukung oleh sistem teknologi dan karyawan yang
mumpuni, produk yang mudah untuk dipahami serta fasilitas website yang
menyajikan berbagai informasi lengkap dan dapat diakses oleh siapapun.
Bukan hanya itu,
Allianz juga memiliki kemudahan dalam pembayaran premi, selain bisa melalui
setor tunai, transfer bank dapat juga melalui auto debit kartu kredit/ rekening
dan virtual account.
3. Sense
of care yang tinggi
Kini, nasabah
tidak perlu merasa “diabaikan” oleh petugas asuransinya. Di Allianz, nasabah
dapat mendeteksi kemana ia harus mengupdate informasi, sebab selain website Allianz
www.allianz.co.id berisi google map,
juga memuat informasi mengenai kantor-kantor cabang Allianz di seluruh
Indonesia serta customer service baik melalui hotline maupun media sosial
lainnya.
4. Memiliki
variasi produk yang banyak
Variasi produk
asuransi Allianz benar-benar bisa mengakomodir kebutuhan asuransi bagi siapa
saja. Dari low sampai high budget untuk nilai premi sehingga dapat diikuti oleh
seluruh kalangan masyarakat. Adapun variasi produk Allianz adalah sebagai
berikut (lebih lengkap dapat dilihat di www.allianz.co.id
dan klik produk) :
a.
Asuransi Kesehatan
b.
Asuransi Jiwa
c.
Asuransi Umum
-
Asuransi Allianz Mobilku
-
Asuransi Kartu Proteksiku
-
Asuransi Dana Kesehatanku
-
Asuransi Perjalanan
-
Asuransi Rumahku Plus
d.
Asuransi Kumpulan
-
Smart Pension
-
Smart Protection
-
Smart Finance
-
Payung Keluarga
e.
Asuransi Syariah
-
Allisya Protection
-
Allisya Maxi Fund Plus
-
Allisya Rumah
-
Allisya Mobil
-
Allisya Usaha
f.
Asuransi Jiwa Bank
-
HSBC
-
SCB
-
Bank Permata
-
Bank Muamalat
-
BTPN
5. Of
course, Amanah !
Terbukti asuransi
Allianz dapat menjadi asuransi amanah dengan begitu banyaknya nasabah yang
mempercayakan masa depan financial mereka di Allianz. Track record yang baik
serta prestasi yang terus diraih oleh Allianz menjadi bukti yang nyata.
At Last…
Kembali pada hakikat awal bahwa
melakukan perencanaan dan perlindungan terhadap apa yang kita miliki adalah
salah satu wujud dari rasa syukur akan nikmat yang telah Tuhan berikan.
Melakukan perencanaan dan perlindungan bersama asuransi merupakan solusi yang
paling tepat dan manfaat.
Allianz adalah asuransi yang high
recommended choice. Hampir seluruh kriteria asuransi terbaik dimiliki oleh
Allianz. Variasi produknya juga dapat menyentuh seluruh lapisan masyarakat
dengan segala kemampuan dan kebutuhannya. Mulai dari asuransi jiwa, kesehatan,
proteksi rumah, proteksi mobil, proteksi perjalanan, perencanaan financial di
masa pensiun sampai pelayanan pada penderita HIV/AIDS ada di asuransi Allianz.
Jadi tunggu apa lagi ?
bergabunglah dengan Allianz, sebab asuransi kini telah banyak menuai manfaat di
segala sektor kehidupan. Manfaat yang dirasakan bukan hanya untuk diri sendiri
tetapi juga mereka yang kita sayangi.
Tenang berasuransi, Tenang bersama Allianz !
0 komentar:
Posting Komentar